ANBK – Asesmen Nasional Berbasis Komputer. Semi-Online

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu). Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

ANBK semi-online

Berbeda dengan ANBK online, pada ANBK semi-online komputer client tidak memiliki akses internet secara langsung. Komputer client nantinya akan terhubung dengan komputer proktor yang memiliki akses internet. Tak seperti ANBK online yang memerlukan koneksi internet stabil dengan bandwidth cukup tinggi, ANBK semi-online hanya memerlukan bandwidth minimal 1 Mbps. Pada ANBK semi-online, masing-masing lokasi memiliki Exambrowser admin dan Exambrowser client. Aplikasi Exambrowser admin akan menjalankan mesin virtual atau VHD yang terhubung ke server pusat. Sedangkan pada Exambrowser client akan terhubung ke komputer proktor melalui jaringan LAN. Pada moda semi-online komputer client tidak terhubung dengan server pusat seperti yang terjadi pada ANBK moda online.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Seperti Ini Perbedaan ANBK Online dan Semi-Online”, Klik untuk baca: https://www.kompas.com/edu/read/2021/08/16/112021071/seperti-ini-perbedaan-anbk-online-dan-semi-online?page=all.
Penulis : Albertus Adit
Editor : Albertus Adit

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Menjelang Pelaksanaan Asesmen Nasional berbasis Komputer (aNBK) tahun 2021/2022 pengaturan komputer server dan client sudah harus fix. tahap awal yang harus dilakukan Proktor adalah melakukan Installasi VHD UNBK fresh di komputer Server. Untuk mendapatkan file VHD ini Biasanya langsung di distribusikan oleh Pihak helpdesk dinas pendidikan kabupaten/kota masing-masing.

Virtual Harddisk Drive UNBK inilah nantinya yang akan di install ke komputer server melalui mesin Virtualbox dan akan menjalankan aplikasi Computer Based Test (CBT) UNBK. Selain VHD ada beberapa file perangkat lunak atau Software pendukung lainnya baik yang di install di server maupun client. Berikut ini rinciannya.

  • Virtual Hardisk Drive (VHD) Fresh UNBK 2021 (Download Minta langsung ke Helpdesk kabupaten/kota).
  • Oracle VM VIrtual BOX versi 60.16 untuk komputer Server – (Download LANGSUNG)
  • Exambro Admin 2021 versi 27.11.129 untuk Komputer Server (Download File di portal anbk)
  • Exambro client 2021 versi 18.1223 untuk Komputer Client (Download File di portal anbk)
  • Browser Google chrome versi baru (Download langsung di google)

Pastikan semua software yang dituliskan diatas telah terpasang di komputer server. Jika sudah terpasang silahkan ikuti langkah-langkah dibawah untuk mulai melakukan setting vhd UNBK 2021.

Berikut Linknya

Tinggalkan komentar

Translate »